Sejarah C++
1.
Sejarah C++
Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne
Stroustrup pada tahun 1980. Pada tahun 1983 terjadi perubahan nama dari C (yang
dikembangkan pada tahun 1970) dengan kelas menjadi C++. Makna dari ++ dalam
bahasa C karena ++ merupakan operator untuk increment variabel, yaitu proses
penambahan pada nilai variabel sebanyak 1. Pada tahun 1985, C++ digunakan sebagai produk komersial. Pada saat itu
C++ belum secara resmi distandarkan. Kemudian C++ diperbarui lagi pada tahun
1989 untuk memasukkan protected dan static member, serta inheritance dari
beberapa kelas.
Setelah terus mengalami perubahan dan
perkembangan pada akhirnya pada pertengahan tahun 2011, C++ dengan standar baru (dijuluki C++11) selesai dibuat
(disetujui oleh ISO/IEC pada 12 Agustus 2011, diterbitkan sebagai 14882:11).
Standar ini meningkatkan Library yang ada dalam C++, sehingga standar yang baru
dikeluarkan membuat dampak (perubahan) yang besar pada standar C++.
2.
Pengertian
C++
Bahasa pemrograman C++
merupakan bahasa tingkat tinggi yang sama seperti dengan bahasa Pascal
(high level programming language) yang memiliki arti bahwa bahasa tersebut
mudah dimengerti oleh manusia tetapi tidak mudah dimengerti oleh mesin ataupun
komputer. Sebaliknya bahasa tingkat rendah merupakan bahasa yang mudah
dimengerti oleh mesin ataupun komputer akan tetapi tidak mudah dimengerti oleh
manusia
3.
Keyword C++
No.
|
Keyword
|
Keterangan
|
|
Deskripsi
|
Kegunaan
|
||
1.
|
Int
|
declare
an integer variable
|
mendeklarasikan sebuah variabel
dalam integer atau bilangan bulat (tidak mengandung nilai pecahan atau
desimal)
|
2.
|
struct
|
define
a new structure
|
menetapkan struktur baru dan
menyimpan beberapa data yang saling berkaitan sebagai satu kesatuan
|
3.
|
typedef
|
create
a new type name from an existing type
|
membuat alias dari suatu tipe data
|
4.
|
Void
|
declare
functions or data with no associated data type
|
untuk sebuah
function atau procedure yang tidak membutuhkan nilai balik
|
5.
|
Auto
|
declare
a local variable,
or we can let the compiler to deduce the type of the variable from the initialization. |
mendefinisikan
sebuah variabel lokal sebagai yang memiliki lifetime lokal
|
6.
|
Break
|
break
out of a loop
|
menghentikan perulangan
|
7.
|
Case
|
a
block of code in a switch statement
|
pernyataan
pilihan yang selanjutnya akan dijalankan jika ekspresi switch memenuhi suatu
konstanta case
|
8.
|
Char
|
declare
a character variable
|
mendeklarasikan sebuah variabel
dalam karakter atau teks (tidak mengandung nilai pecahan atau desimal)
|
9.
|
Const
|
declare
immutable data or functions that do not change data
|
mendeklarasikan
atau membuat nilai dari variabel atau pointer
|
10.
|
continue
|
bypass
iterations of a loop
|
memotong pemrosesan dalam sebuah
perulangan
|
11.
|
Default
|
default
handler in a case statement
|
menjalankan suatu pernyataan jika tidak ada
kecocokan pernyataan yang ada di case
|
12.
|
Do
|
looping
construct
|
mengulang
berbagai pernyataan dengan kriteria pengulangan
|
13.
|
Double
|
declare
a double precision floating-point variable
|
tipe data untuk angka baik
bilangan bulat atau desimal dengan memori yang lebih banyak dari tipe data
float
|
14.
|
Else
|
alternate
case for an if statement
|
sebagai alternatif dalam fungsi if
|
15.
|
Enum
|
create
enumeration types
|
membuat
tipe enumerasi (suatu daftar yang sederhana dari konstanta integer yang
diberi nama)
|
16.
|
Extern
|
declares
a variable or function and specifies that it has external linkage
|
memberi
tahu compiler bahwa variabel telah dibuat di lain tempat di dalam program
|
17.
|
Float
|
declare
a floating-point variable
|
tipe data untuk angka baik
bilangan bulat atau desimal
|
18.
|
For
|
looping
construct
|
melakukan perulangan dengan
memakai syarat awal dan kenaikan atau penurunan nilai data
|
19.
|
Goto
|
jump
to a different part of the program
|
membuat program melompat pada label yang ditentukan dengan perintah
“goto”
|
20.
|
If
|
execute
code based on the result of a test
|
memberi syarat pada pernyataan
|
21.
|
Long
|
declare
a long integer variable
|
membuat
variabel integer menjadi “double-length”
|
22.
|
register
|
request
that a variable be optimized for speed
|
meminta
agar suatu pemasukan pada variabel dioptimalkan kecepatannya
|
23.
|
return
|
transferring
back a number on the calling routine
|
mentransfer
kembali suatu angka pada rutin pemanggilaan
|
24.
|
Short
|
declare
a short integer variable
|
mendeklarasikan
variabel integer pendek
|
25.
|
signed
|
modify
variable type declarations
|
menentukan
tipe dari “signed char”
|
26.
|
sizeof
|
return
the size of a variable or type
|
mengembalikan
penjang variabel atau tipe data yang mendahuluinya
|
27.
|
Static
|
create
permanent storage for a variable
|
menyuruh
compiler agar membuat tempat penyimpanan yang permanen untuk variabel lokal
yang mendahuluinya
|
28.
|
switch
|
execute
code based on different possible values for a variable
|
mengeksekusi
kode berdasarkan kemungkinan nilai yang berbeda untuk variabel
|
29.
|
Union
|
a
structure that assigns multiple variables to the same memory location
|
menunjuk
dua variabel atau lebih pada lokasi memori yang sama
|
30.
|
unsigned
|
declare
an unsigned integer variable
|
memerintah
compiler untuk menghapus tanda bit dari suatu integer yeng menggunakan
seluruh bit untuk keperluan aritmatika
|
31.
|
Volatile
|
warn
the compiler about variables that can be modified unexpectedly
|
memberitahu
compiler bahwa suatu variabel mungkin telah mempunyai suatu isi yag telah
dipilih dengan cara yang tidak ditentukan oleh suatu program
|
32.
|
While
|
looping
construct
|
menguji
kondisinya pada bagian atas suatu perulangan
|
33.
|
Asm
|
insert
an assembly instruction
|
memasukkan
instruksi perakitan
|
34.
|
Class
|
declare
a class
|
mendeklarasikan
kelas
|
35.
|
Delete
|
make
dynamic memory available
|
melakukan
fungsi penghapusan
|
36.
|
Friend
|
grant
non-member function access to private data
|
memberikan
akses fungsi non-anggota ke data pribadi
|
37.
|
Inline
|
optimize
calls to short functions
|
mengoptimalkan
panggilan ke fungsi pendek
|
38.
|
New
|
allocate
dynamic memory for a new variable
|
mengalokasikan
memori dinamis untuk variabel baru
|
39.
|
operator
|
create
overloaded operator functions
|
menciptakan
fungsi operator yang kelebihan beban
|
40.
|
Private
|
declare
private members of a class
|
mendeklarasikan
anggota pribadi dari suatu kelas
|
41.
|
protected
|
declare
protected members of a class
|
menyatakan
anggota kelas yang dilindungi
|
42.
|
Public
|
declare
public members of a class
|
menyatakan
anggota publik suatu kelas
|
43.
|
template
|
create
generic functions
|
membuat
fungsi umum
|
44.
|
This
|
a
pointer to the current object
|
penunjukkan
ke tujuan saat ini
|
45.
|
virtual
|
create
a function that can be overridden by a derived class
|
membuat
suatu fungsi yang dapat ditimpa oleh kelas turunan
|
4.
Library Function C++.
Salah satu
fungsi library yang diperkenalkan yaitu cout, yang memiliki fungsi sebagai
pencetak hasil program ke layar monitor. Fungsi tersebut dikelompokkan menurut
jenis dan sifatnya yang disimpan ke dalam file yang berekstensi .h, maupun
tidak menggunakan .h.
Macam – Macam
Library Function pada Bahasa C++ :
a.
Library Iostream /
iostream.h :
Merupakan
Library satandar yang digunakan untuk menampilkan perintah baik perintah Input
maupun perintah Output. Berikut perintah yang dapat dikeluarkan oleh iostream :
Classes
(Kelas)
|
Objects
(Objek)
|
Types (Tipe)
|
Manipulator
|
Ios_base base
|
Cin
|
Fpos :
|
Dec
|
Istream
|
Cout
|
Streamoff
|
Endl
|
ostream
|
Cerr
|
Streampos
|
Ends
|
ifstream
|
clog
|
streamsize
|
flush
|
b.
Library Math.h :
Merupakan
sebuah library yang digunakan untuk melakukan perhitungan matematika.
Berikut
perintah yang dapat dikeluarkan oleh math.h :
Nama Fungsi
|
Sqrt
|
Pow
|
Sin()
|
Cos()
|
Tan()
|
Max
|
Min
|
c.
Library Conio.h :
Merupakan
sebuah library untuk membaca perintah :
Nama Fungsi
|
Clrscr()
|
Getch()
|
Getchce()
|
Gotoxy()
|
d.
Library stdio.h :
Merupakan
sebuah library untuk membaca perintah :
Nama Fungsi
|
Printf
|
Scanf
|
Gets
|
e.
Library string.h :
Merupakan
library yang digunakan untuk memberikan nilai suatu karakter string. Digunakan
untuk membaca perintah :
Nama Fungsi
|
Strcpy()
|
Strcat()
|
Strchr()
|
Strcmp()
|
Strlen()
|
f.
Library stdlib.h :
Merupakan library
yang fungsinya hampir sama seperti library math.h namun isinya berbeda dengan
library math.h. digunakan untuk membaca perintah :
Nama fungsi
|
Macroes
|
Abs()
|
Abs(x)
|
Atof()
|
Atoi(S)
|
Atoi()
|
Random(num)
|
Atol()
|
Randomize()
|
g.
Library windows :
Merupakan library
yang digunakan untuk menampilkan perintah system.
h.
Library iomanip.h :
Merupakan
library yang digunakan untuk menampilkan perintah setiosflags().
i.
Library ctype.h :
Merupakan
library yang digunakan untuk mendefinisikan set fungsi yang dipakai untuk
mengklasifikasikan karakter dengan jenis atau dipakai untuk mengkonversi antara
atas dan huruf kecil dengan cara independen dari yang digunakan set karakter.
Digunakan untuk menampilkan perintah :
Nama Fungsi
|
Macroes
|
Stlower()
|
Isalnum(c)
|
Toupper()
|
Isalpha(c)
|
Isascii(c)
|
|
Iscntrl(c)
|
2.
Penerapan C++
2.1 Contoh 1.
Buatlah sebuah
program sederhana yang menginputkan dan menampilkan nama.
Program
menginputkan dan menampilkan nama :
// Master
Program C++
#include
<iostream>
using namespace
std;
int main()
{
char nama[20];
cout<<"Masukkan Nama Anda : ";
cin>>nama;
cout<<"Nama Anda adalah
"<<nama;
cout<<endl;
return 0;
}
Outputan (Hasil) Program :
2.2 Contoh 2
Buatlah sebuah program menghitung luas lingkaran dengan Bahasa pemrograman C++
Program menghitung luas lingkaran:
// Master Program C++
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
Buatlah sebuah program menghitung luas lingkaran dengan Bahasa pemrograman C++
Program menghitung luas lingkaran:
// Master Program C++
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
float r, luas, phi;
cout<<"Program Menghitung luas
lingkaran"<<endl;
cout<<"================================="<<endl;
cout<<"Masukkan jari - jari :
";
cin>>r;
phi=3.14;
luas=phi*r*r;
cout<<"Luas Lingkaran :
"<<luas;
cout<<endl;
return 0;
}
Outputan (Hasil) Program :
* Float adalah tipe data yang hampir
sama dengan double, tetapi bedanya double lebih banyak dalam menampung data
dibandingkan tipe data float.
Komentar
Posting Komentar